Aplikasi Portabel, Ringan, Mudah, dan Praktis

Normalnya sebuah program atau aplikasi selalu diinstal di drive C:Program Files. Program-program yang diinstal di sini biasanya program-program yang bersifat tetap atau fixed program. Selain itu program yang diinstal di sini juga merupakan program yang berat-berat yang membutuhkan space cukup besar untuk menginstallnya, semisal Adobe Photoshop, Corel, Microsoft Office, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang ini dengan berkembangnya komputer dan mobilitas pengguna komputer yang cukup tinggi, maka sekarang hadirlah Aplikasi Portabel. Dari namanya kita sudah tahu, bahwa ini adalah sebuah program atau aplikasi yang bersifat ringan, mudah dibawa kemana-mana, dan praktis. Dan satu lagi yang terpenting adalah Aplikasi portabel ini bersifat plug and play.

Mengapa ringan? Ini dikarenakan aplikasi portabel telah dikompress ukuran file programnya daripada ukuran file program normal. Selain itu dikatakan praktis karena file aplikasi menempati flasdisk dan media simpan bergerak lainnya. Jadi kemana flasdisk kita bawa dan dicolokkan, maka aplikasi portabel yang ada di flasdisk tersebut akan dapat dijalankan. Kita tidak perlu melalui proses penginstallan program untuk dapat menjalankannya, tetapi cukup double klik file programnya. Itulah mengapa aplikasi portabel bersifat plug and play.

Salah satu situs yang menyediakan bermacam-macam aplikasi portabel adalah http://www.portableapps.com/. Di website ini dapat didownload berbagai macam aplikasi yang bersifat portabel dengan gratis. (Melek nih, kalau lihat kata gratis). Ada program pemutar musik portabel, Internet Download manager portabel, Browser Internet seperti Mozilla, Opera yang dalam versi portabel, Yahoo Mesengger, Google Earth, dll. Bahkan aplikasi grafis dan office yang gede-gede-pun ada yan bisa di-portabel-kan. Semisal Microsoft Office 2003, Corel Draw, Macromedia Dreamweaver, dan lainnya.

Jadi jika Anda orangnya mobile dan fanatik terhadap suatu program/aplikasi, mengapa tidak jika Anda mencoba menggunakan aplikasi portabel ini. Selamat mencoba....
0 Responses

Tinggalkan komentar Anda...